Sunday, May 15, 2016

Cara melancarkan haid atau menstruasi tidak teratur secara alami dengan efektif

Apa si itu Menstruasi? Menstruasi atau haid atau datang bulan adalah perubahan fisiologis dalam tubuh wanita yang terjadi secara berkala dan dipengaruhi oleh hormon reproduksi baik FSH-Estrogen atau LH-Progesteron (Wikipedia). Hal ini biasa terjadi pada wanita dari masa pertama kali puber sampai dia mengalami menopause. Biasa Periode dari Menstruasi sendiri terjadi setiap bulanya karena dinding ovum yang rontok akibat tidak dibuahi oleh sperma.
Cara melancarkan haid atau menstruasi tidak teratur secara alami dengan efektif
tips menstruasi lancar | Seputar Kesehatan

Pada wanita siklus menstruasi rata-rata terjadi sekitar 28 hari, walaupun hal ini berlaku umum, tetapi tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang sama, kadang-kadang siklus terjadi setiap 21 hari hingga 30 hari. Biasanya, menstruasi rata-rata terjadi 5 hari, kadang-kadang menstruasi juga dapat terjadi sekitar 2 hari sampai 7 hari paling lama 15 hari. Jika darah keluar lebih dari 15 hari maka itu termasuk darah penyakit. Umumnya darah yang hilang akibat menstruasi adalah 10mL hingga 80mL per hari tetapi biasanya dengan rata-rata 35mL per harinya (Wikipedia). Lalu, gimana jika menstruasi tidak lancar sebelum atau sesudah hamil. Kali ini Seputar Kesehatan Akan membahas mengenai Cara melancarkan haid atau menstruasi tidak teratur secara alami dengan efektif.

Penyebab menstruasi tidak lancar

Mengapa menstruasi tidak lancar? Menstruasi tidak lancar disebabkan saat masa puber atau saat mau menjelang menopause. Namun Stress, juga bisa mengganggu siklus dari menstruasi itu sendiri. Mungkin penyebab tadi adalah sebagian kecil dari penyebab menstruasi tidak lancar. Berikut penyebab siklus menstruasi tidak lancar:
  1. Kehamilan, Biasanya jika kita telat datang bulan atau menstruasinya terhenti biasanya itu anda hamil. Coba cek ke dokter untuk memeriksakan hamil atau tidak. Biasanya dokter akan mengetes kehamilan anda dengan USG.
  2. Alat Kontrasepsi, Kebiasan pemakaian alat kontrasepsi atau pil KB itu dapat menyebabkan perubahan flek di siklus menstruasi. Sehingga darah akan keluar lebih banyak dan perut merasakan sakit. Kemungkinan pada awal penggunaan KB darah keluar akan sedikit dan beberapa tahun kemudian darah akan terhenti, dan itu yang menyebabkan menstruasi tidak lancar.
  3. Pola hidup yang tidak teratur, Hidup aja tidak teratur apalagi menstruasinya, pasti juga tidak teratur juga. Maksudnya pola hidup tidak terartur disini ialah seperti Stress, Penurunan berat badan secara drastis ( akibat olah raga berlebihan) dan Obesitas atau gemuk.
  4. Sindrom Ovarium Polikistik, adalah gejala yang disebabkan oleh kistta kecil didalam indung telur. Keberadaan kista ini mengakibatkan hormon testoteron menjadi tidak stabil dan meningkat yang mana dalam wanita seharunya memiliki sedikit hormon testosteron. Juga, kebaradaan kista ini mengakibatkan proses dari pelepasan sel telur menjadi terganggu sehingga Menstruasi menjadi tidak normal.
  5. Kelenjar Tiroid, Jika ini bermasalah kemungkinan dapat mengakibatkan menstruasi tidak lancar.

Cara mengatasi menstruasi tidak lancar dan obatnya

Setelah kita membahas tentang Apa si itu Menstruasi dan Mengapa menstruasi tidak lancar, sekarang kita langsung ke pokok utama yaitu tentang Cara melancarkan haid atau menstruasi tidak teratur secara alami dengan efektif. Gimana si Cara melancarkan haid atau menstruasi tidak teratur secara alami dengan efektif? berikut adalah cara yang dapat di sampaikan oleh Seputar Kesehatan.
  1. Mengubah gaya hidup.
  2. Mengganti alat kontrasepsi
  3. Melakukan pengobatan tiroid.
  4. Melakukan pengobatan sindrom ovarium polikistik
  5. Melakukan konseling Jika anfda mengalami stress atau yang lainya yang menjadi pemicu dari Menstruasi tidak lancar.
  6. Mencoba hormon sintetik untuk memicu ovulasi kembali normal, jika ingin hamil.
Memang  menstruasi tidak lancar itu menjadi masalah bagi wanita, karena menimbulkan rasa tidak nyaman, khawatir, panik dan yang lainya. Untuk mengatasi masalah menstruasi tidak lancar bisa meminta bantuan kepada medis guna mencari tahu apa penyebab sebenarnya. Jika sudah mencoba untuk melakukan hal yang diatas yaitu tips menstruasi lancar. Tapi belum akurat juga, barulah hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. Demikian Artikel dari Seputar Kesehatan ini tentang Cara melancarkan haid atau menstruasi tidak teratur secara alami dengan efektif. Semoga bermanfaat!

1 comments so far

makasih min semoga artikelnya page 1 ya


EmoticonEmoticon