Monday, May 30, 2016

Awal mula atau Asal Usul Operasi Plastik

Setiap orang didunia diciptakan berbeda-beda, entah itu dari segi pikiran, tubuh maupun wajah. Setiap Wajah yang dimiliki oleh manusia pasti berbeda-beda mungkin ada yang berwajah bagus ataupun wajah yang kurang diharapkan. Maka dari Itu banyak orang yang memaksakan diri untuk merubah apa yang telah dikodratkan oleh tuhan yang Maha Esa.Salah satu usaha yang dilakukan oleh manusia jaman sekarang ini adalah dengan cara Operasi Plastik.
Awal mula atau Asal Usul Operasi Plastik
Awal mula atau Asal Usul Operasi Plastik | Seputar Kesehatan

Operasi pelastik sekarang ini memang sudah menjadi trend tersendiri dikalangan orang-orang tertentu, terutama kalangan yang diwajibkan memiliki muka bagus seperti selebritis. Melalui cara ini, Segala bentuk rupa wajah dapat dirubah sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi tahukah anda? bahwa Operasi  plastik ini ternyata sudah ada sejak jaman dahulu, lalu kapan Operasi Plastik ini Muncul??? Kali ini Seputar Kesehatan akan membahas tentang Awal mula atau Asal Usul Operasi Plastik yang kami dapat dari berbagai sumber. Langsung saja kita ke inti pembahasan dibawah ini.
  1. Dalam sejarah romawi kuno disebutkan bahwa, pada abad ke 1 SM tim medis sudah mengenal operasi plasik dengan metode penyambungan, terutama bagi kalangan bangsawan kerjaan. Terus pada abad ke 6 SM tokoh yang ternama dalam bidang ini adalah Sushruta, Bapak Operasi bedah, yang membuat kontribusi penting untuk bidang bedah plastik dan katarak. Sushruta bekerjasama dengan Charak membuat banyak karya medis dalam bahasa Sansekerta, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Arab selama masa kekhalifahan Abbasiyah tahun 750 Masehi. Terjemahan bahasa Arab karya mereka dibawa oleh pedagang- pedagang Arab sampai ke Eropa. Mereka membuat terobosan dibidang plastik menggunakan bahan silikon untuk mengencangkan kulit yang keriput, hilang atau yang lainya.
  2. Pada pertengahan abad ke-15 di Eropa, Heinrich von Pfolspeundt menjelaskan proses membuat hidung baru pada orang yang mengalami suatu kecelakaan dengan mengambil kulit padalengan bagian belakang.
  3. Pada abad ke 19 dan 20 operasi plastik menjadi sangat umum karena teknik anestesi sudah baik sehingga operasi plastik tidak menimbulkan rasa sakit yang hebat.
  4. Pada tahun 1792, Chopart melakukan operasi plastik pada bibir menggunakan lipatan kulit leher. 
  5. Pada tahun 1794, Joseph Carpue mempelajari tekni dari dr.Surshruta kemudian dikembangkan lagi. Sehingga ia sukses melakukan operasi plastik pada seorang prajurit militer Inggris yang kehilangan hidungnya akibat keracunan merkuri.
  6. Pada tahun 1818,seorang ahli bedah asal Jerman, Carl Ferdinand von Graefe mempublikasikan jurnal berjudul Rhinoplastik. Von Graefe memodifikasi metode operasi plastik Italia dari menggunakan lipatan kulit menjadi menggunakan kulit normal dari lengan.
  7. Pada tahun 1845, Johann Friedrich Dieffenbach menulis jurnal tentang rhinoplasty dan memperkenalkan konsep bedah kosmetik untuk memperindah hidung yang sebelumnya telah dioperasi.
  8. Pada tahun 1891, seorang otorhinolaryngologist berkebangsaan Amerika, John Roe, mempublikasikan hasilkaryanya yang berupa seorang wanita muda dengan hidung yang telah dioperasi plastik dengantujuan kosmetik. Dalam Perang Dunia I, seorang otolaryngologist Selandia Baru yang bekerja di London,Harold Gillies, mengembangkan banyak teknik-teknik operasi plastik modern dalam merawat tentara-tentara yang menderita kerusakan pada wajah.
  9. Pada tahun 1946, dr. harold Seiring, dokter asal inggris melakukan operasi pergantian kelaminwanita ke pria pertama di dunia. Hingga akhirnya operasi plastik menjadi sangat berkembang pada Abad 20.
Dari penjelasan diatas, bahwa udah jelas bukan tentang Awal mula atau Asal Usul Operasi Plastik. Untuk kedepanya, itu terserah anda, apakah anda mau melakukan operasi plastik ini maupun tidak. Karena dalam agama islam jelas dilarang melakukan hal seperti ini karena merubah sesuatu yang telah diciptakan oleh Allah SWT. Mungkin sekian artikel yang disajikan oleh Seputar Kesehatan mengenai Awal mula atau Asal Usul Operasi Plastik. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan bagi kita semua dan semoga artikel ini bermanfaat untuk kedepanya. Jangan lupa ikuti informasi mengenai penyakit di Seputar Kesehatan tiap harinya.

Baca Juga:  Diet alami, dengan Hasil yang maksimal Secara efektif


EmoticonEmoticon