Tuesday, October 4, 2016

Allah SWT menyembunyikan 6 hal didalam 6 perkara

Allah SWT menyembunyikan 6 hal didalam 6 perkara
Allah SWT menyembunyikan 6 hal didalam 6 perkara
Dunia Islam - Allah menyembunyikan 6 hal didalam 6 perkara. Tentu kita mengetahui bahwa terjadi di dunia ini adalah rahasia Allah SWT. Namun kita dapat mengetahuinya jika kita memiliki keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT melalui Al-Qurán dan Hadits. Lalu tahukah anda bahwa dalam hal ini khalifah  umar bin khotob pernah mengatakan bahwa “Sesungguhnya Allah SWT menyembunyikan 6 hal didalam 6 perkara ….”. Yang diantaranya adalah :

Menyembunyikan murkanya didalam kemaksiatan.

Inilah satu hal yang ada dalam salah satu perkara tersebut. Sesungguhnya Allah SWT menempatkan murkanya tersebut yanag tersembunyi di antara kemaksiatan-kemaksiatan. Hal ini dimaksudkan agar manusia tidak melakukan maksiat sekecil apapun, karena kemaksiatan pasti akan mendatangkan kemudlaratan bagi dirinya sendiri. Dan percayalah azab Allah SWT lebih pedih dan tidak ada yang selamat dari murkanya jika Allah SWT sudah berkehendak.

Menyembunyikan ridho-Nya kedalam ketaatan

Dari perkara ini tentu kita dapat mengambil hikmah agar semua manusia melaksanakan semua ketaatan secara bersungguh-sungguh. Selain itu hikmah lainya adalah agar manusia tidak meremehkan amalan sekecil apapun karena setiap amalan akan dicatat oleh setiap malaikat. Oleh karena itu lakukanlah amalan yang dapat dilakukan karena semua itu akan mendatangkan kebaikan baigi dirinya sendiri ataupun orang lain.

Menyembuniyikan lailatul qadr di bulan Ramadhan

Sesungguhnya malam lailatul qadr adalah malam seribu bulan diamana allah SWT akan memberikan berkah yang luar biasa dibulan Ramadhan. Dan seperti yang kita ketahui bahwa ketika bulan Ramadhan maka setiap muslim akan lebih giat dan rajin dalam melakukan ibadah. Apabila kita tahu lailatul qadr akan terjadi maka umat muslim hanya akan raji beribadah dihari itu saja. Inilah hikmah yang dapat kita ambil dari malam lailatul qadr yang disembunyika agar kida dapat melakukan ibadah sebaik baiknya selama bulan Ramadhan tanpa membeda-bedakan dengan hari tersebut.

Menyembunyikan para wali kekasihnya diantara manusia

Dimuka bumi ini sesungguhnya setiap manusia memiliki kedudukan yang sama dimata Allah SWT dan yang membedakanya hanyalah amal ibadah yang mereka telah perbuat selama hidup didunia. Oleh karena itu seharusnya kita sesamam manusia harus saling menghargai satu sama lain tanpa memandang status atau kedudukanya. Karena apabila kita tahu bahwa wali kekasih Allah SWT maka kita hanya akan menghormatinya tanpa memperhatikan orang lain. Kemudian, tidak hanya itu saja melainkan banyak yang lainya.

Menyembunyikan salat wustho diantara salat-salat lainya

Sahabat yang beriman, sesungguhnya mengapa Allah SWT Menyembunyikan salat wustho diantara salat-salat lainya itu agar setiap manusia tetap menjaga solatanya dan memperoleh pahala besar dari keistimewaan salat tersebut. Dalam hal ini mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu salat wustho? Didalam sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW menjelaskan melalui Ali r.a bahwa ketika perang ahzab dikatakan oleh beliau “Kami (dibuat lalai oleh musuh) dari salat wustho, yaitu salat ‘ashar. Semoga Allah memenuhi rumah-rumah dan kuburan mereka dengan api neraka” (HR. Muslim).

Dunia Islam - Dari hadits tersebut dapat kita ketahui bahwa salat yang memiliki kata lain sebagai salat wustho adalah salat áshar. Dan mengapa Allah SWT memberikan tempat terkhusus dalam kitabnya yang menjelaskan tentang keharusan memelihara atau menjaga salat áshar tentunya ada keistimewaan tersendiri yang terdapat dalam salat áshar. Serta ada ancaman yang besar bagi siapapun yang meninggalkan salat tersebut.

Menyembunyikan umur dari kematian

Pada kenyataanya, kematian merupakan hal yang pasti. Namun kita tidak akan pernah tahu kapam kematian itu akan terjadi. Didalam kepastian ini, Allah SWT Menyembunyikan umur dari kematian dari seseorang agar manusia memanfaatkan waktu hidup didunia dengan sebaik mungkin. Bahwa kalau kita tahu 2 hari kedepan kita akan meninggal maka kita akan giat beribadah pada dua malam dengan khusuk. Dan jika apabila kita tahu bahwa umur kita masih panjang maka kita akan lebih santadalam menjalani hidup didunia. Oleh karena itu hikmah dibalik Menyembunyikan umur dari kematian agar kita mampu memperbaiki hidup sesegera mungkin sebulum kematian dating menghampiri kita untuk bekal diakhirat kelak.

Dunia Islam - Sahabat yang beriman demikianlah pemaparan mengapa Allah SWT menyembunyikan 6 hal didalam 6 perkara. Semoga dalam pemaparan tadi dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT agar bisa mensyukuru segala sesuatu yang telah ditetapkan oleh Allah SWT untuk kebaikan manusia didunia maupun diakhirat kelak. Amiiin.


EmoticonEmoticon