Saturday, October 8, 2016

Cara menghilangkan grogi atau demam panggung ketika tampil di depan umum



public speaking, presentasi, demam panggung, wawancara
Cara menghilangkan grogi atau demam panggung ketika tampil di depan umum
Demam panggung pernah dialami oleh semua orang, termasuk orang yang percaya diri sekalipun seperti actor hingga presenter professional. Jika kamu memiliki syndrome demam panggung, kamu mungkin akan gugup, deg-degan atau bahkan lemas memikirkan tampil didepan audien. Namun jangan khawatir, kamu dapat mengatasi grogi dengan melatih tubuh dan pikiran kamu untuk tetap rileks dan tentunya mencoba beberapa trik berikut ini. Buatlah tubuhmu serileks mungkin untuk mengatasi demam panggung. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untung merileksasikan tubuhmu sebelum tampil didepan panggung. Lepaskan rasa tegang ditubuhmu karena hal ini akan membuat suaramu tetap mantap dan menenangkan pikiran. Berikut merupakan beberapa cara untuk merileksasikan tubuhmu sebelum tampil didepan umum, diantaranya :

Meditasi

Dipagi hari sebelum kamu tampil atau satu jam sebelum tampil gunakan waktu sekitar 15 menit untuk melakukan meditasi. Carilah tempat yang cukup hening diamana kamu dapat duduk bersilah, tutup mata, dan focus bernafas. Lalu buatlah tubuhmu serileks mungkin, letakan tangan dipangkuan dan lipatlah kakimu dalam posisi bersilah. Kosongkan dan tenangkan pikiranmu ketika melakukan rileksasi ini.

Hidari kafein

Jika kamu bukan pecandu kafein dan tidak biasa mengkonsumsi kafein, kamu tak butuh tambahan kafein dihari H. kamu mungkin berfikir bahwa kafein akan menambah energy ketika mau tampil tetapi sebenarnya kafein hanya akan membuatmu merasa lebih gugup dan gelisah.

Berolahraga ringan

Cobalah berlatih melepas ketegangan dan biarlah dan biarkan endorsinmu mengalir. Gunakan setidaknya 30 menit dihari ketika kamu mau tampil atau setidaknya berjalan-jalan sekitar 30 menit. Hal ini akan membuatmu siap untuk melakukan yang terbaik.

Tertawalah

Tertawalah sesering mungkin, menonton komedi dipagi hari, menonton video youtube favorit atau meluangkan waktu untuk hangout bersama teman-teman itu bisa membuatmu terhibur atau tertawa. Karena tertawa akan membuatmu rileks dan akn terhindar dari rasa gugup.

Datang lebih awal

Datanglah lebih awal ketempat presentasimu dari audien. Kamu akan lebih terkontrol jika tempat atu ruangan terisi dibandingkan muncul ketika ruangan sudah penuh dengan audien. Datang lebih awal juga akan mengurangi rasa gugup dan akan membuatmu menjadi lebih tenang.

Bayangkan orang favoritmu

Bayangkan saja bahwa setiap orang-orang yang hadir adalah orang-orang favoritmu. Orang-orang tersebut menyayangimu dan akan menyetujui apa yang kau katakan atau lakukan. Mereka akan tertawa diwaktu yang tepat dan memberikan tepuk tangan yang meriah diakhir penampilan kamu.

Minum juz jeruk

Meminum juz jeruk setengah jam sebelum kamu tampil dapat menurunkan tekanan darah dan juga mengurangi kegelisahan.

Menyanyi

Karena dengan menyanyi kita dapat lebih rileks dan senang. Lakukan hal ini ketika mau tampil.

Minta doa restu

Ya, ini sangat dianjurkan karena seberapa keras usaha tidak didasari dengan doa maka akan sia-sia. Sebaliknya doa tanpa usaha itu juga akan sia-sia.


Ya, mungkin itu saja mengenai Cara menghilangkan grogi atau demam panggung ketika tampil di depan umum. Nantikan tips-tips menarik yang disajikan oleh SERBA UNIK. Salam dan sampai jumpa.


EmoticonEmoticon