Thursday, October 6, 2016

Cara presentasi yang baik

Cara presentasi yang baik
Cara presentasi yang baik
Oke, kali ini Serba unik akan memberikan pengetahuan didunia public speaking. Kali ina saya akan mengajak teman-teman bagai mana sih mempersiapkan presentasi anda di H-1 atau satu hari sebelum anda melakukan presentasi tersebut. Berikut adalah hal-hal yang harus dipersiapakan:

Buatlah semenarik mungkin

Hal ini mungkin terdengar jelas, namun ada kemungkinan dari alasan demam panggung itu sendiri disebabkan oleh kamu sendiri yang khawatir akan setiap orang berfikir kamu itu ngebosenin.kamu mungkin khawatir tentang rasa bosan yang akan muncul karena materi yang kamu bawakan memang membosankan. Meskipun materi yang kamu bawakan terasa membosankan, kamu harus memikirkan bagaimana agar materi tersebut dapat mudah dipahami dan menarik. Jika diperlukan, buatlah beberapa jeda untuk tertawa. Mungkin bisa diisi dengan humor, humor yang biasa ada di social media tau dimana yang penting dapat mencairkan suasana.

Ketahui audiens mu

Ketika kamu membuat dan mempresentasikan presentasi kamu harus memahami kebutuhan, pengetahuan, dan harapan dari audien. Jika kamu berbicara kepada audien yang lebih muda, kamu harus menyesuaikan konten, suara, dan pembicaraan sebagaimana yang diperlukan. Dan jika audien kamu adalah audien yang lebih tua dan lebih tegas buatlah lebih praktis dan logis. Mengetahui audien kamu itu sangatlah penting, sehingga kamu tahu bagaimana cara mengatasi audien tersebut.


Jangan beritahukan orang bahwa kamu gugup

Pernyataan diatas sebenarnya bisa dapat diakali dengan kejujuran semisal jika kamu gugup. Tapi kita harus pandai mengakalinya, missal seperti “sebenarnya aku sangat gugup berada didepan sini, kenapa? Ya, karena saya sedang berdiri didepan calon orang-orang sukses” atau yang lainya. Karena kejujuran itu dapat meredakan suasana. Jika kita gugup maka kegugupan itu hanya akan menjadi beban pikiran sewaktu kita membawakan presentasi. Itu sangat berdampak pada penampilan kita saat membawakan presentasi.


Rekam diri kamu

Rekamlah diri kamu sendiri saat kamu sedang melakukan presentasi sebelum hari H. kalua menurutmu penampilanya bukan yang terbaik maka kamu harus mengulanginya sampai benar-benar yang terbaik.


Bergeraklah ke sekitar anda

Cara ini bertujuan untuk menghilangkan rasa gugup yaitu dengan cara bergerak kesana kemari tetapi jangan sampai terlihat gelisah atau terlihat seperti orang gugup. Nikmati aja gerakanmu kesana kemari dengan santai. Mengapa ? karena perasaan gelisah hanya akan membuat audien berfikiran bahwa kamu merasa tidak nyaman dan ini sangat mempengaruhi kualitas presentasi anda.


Kurangi kecepatan

Kebanyakan dari orang-orang menujukan demam panggungnya dengan cara mempresentasikan presentasinya dengan cepat. Kenapa? Karena kebanyakan orang yang gugup, berbicara dengan cepat karena ingin presentasinya segera cepat berakhir. Hal ini hanya akan mempersulitmu dalam menjabarkan ide dan menjangkau audien kamu. Dan yang paling bahaya adalah ketika orang yang melakukan ini tidak menyadari bahwa dia melakukanya. Jadi kita harus berhenti beberapa detik untuk menemukan pemikiran baru dan supaya audien dapat menanggapi pernyataan penting. Mengurangi kecepatan juga dapat menghindari salah pengucapan kata. Dibikin santai aja, berbicara pelan tetapi tetap pakai motion dan jangan lupa tetap tersenyum.


Bertanya tentang apa yang sudah kamu lakukan

Jika kamu benar-benar ingin menyembuhkan demam panggung ini yang kamu harus lakukan adalah mempertanyakan penampilanmu setelah acara selesai. Melakukan sedikit survey untuk mendapat pendapat yang jujur. Mengetahui apa saja yang baik akan meningkatkan kepercayaan diri kamu. Dan mengetahui hal apa saja yang kurang pada resentasi kamu juga akan menjadi motivasi bag diri kamu untuk keesok harinya. Tapi jangan lupa terus berlatih.


Mungkin itu saja hal-hal penting yang kamu harus lakukan sebelum presentasi di depan umum. Semoga artikel ini dapat menjadi referensi ketika kamu mau melakukan presentasi. Sekian dari Serba Unik, salam dan sampai jumpa.


EmoticonEmoticon