Monday, October 17, 2016

Manfaat daun Ketumbar

Manfaat daun Ketumbar
Manfaat daun Ketumbar


Efektif sebagai antibiotic

Kesehatan - Setelah dilakukan penelitian mengenai dain ketumbar, ternyata didalamnya terdapat senyawa antibiotic, dodecenal yang telah diuji di laboratorium. Hasil laboratorium cukup mengesankan dan menunjukan bahwa kandungan dalam daun ketumbar mengandung antibiotic 2 kali lebih efektif untuk diguanakan gentasimin, yaitu obat antibiotic dalam membunuh bakteri makanan salmonella.

Anti kanker

Kesehatan - Daun ketumbar merupakan salah satu herbal yang dapat digunakan sebagai anti kanker. Sifat anti oksidan yang ada pada daun ketumbar termasuk kandungan zat beta karoten, Vitamin C dan E, Asam caffeic, ferulic, quercetin, kaempferold merupakan zat yang sangat baik untuk membunuh penyebab kanker. Zat ini sangat ampuh menekan serta menurunkan resiko stress oksidatif pada sel-sel yang bersifat karsinogenik (penyeab kanker).


Mengobati peradangan kulit

Kesehatan - Cineole meraupakan salah satu dari 11 komponen minyak ekstensial dan asam linoleate. Zat tersebut merupakan zat yang tekandung pada daun ketumbar, zat ini memiliki sifat antiramatik dan antiartritik. Oleh sebab itu Daun ketumbar ini dapat digunakan untuk membantu pengurangan pada peradangan kulit.


Memiliki sifat anti mikroba

Daun mikroba mengandung minyak atsiri yang memiliki sifat antimikroba. Ini dapat dijadikan ramuan yang sangat berguna untuk penyembuhan infeksi jamur dan bakteri yang ada pada tubuh. Misalkan panu, kadas, maupun kurap.


Menjaga kesehatan kulit

Kandungan yang terdapat pada daun ketumbar ini sanga penting untuk desinfektan, detoksifikasi, anti septik, anti jamur dan sifat anti oksidan daun ketumbar yang sangat ideal untuk membersihkan ganguan kulit seperti eksim, kekeringan dan infeksi jamur.

Mengurangi tekanan darah tinggi

Mengonsumsi daun ketumbar telah terbukti positif mengurangi tekanan darah pada banyak pasien yang menderita hipertensi. Interaksi ion kalsium dan kolinergik  (neurotransmitter) disistem saraf  perifer dan pusat atau dikenal sebagai asetilkolin. Interaksi dari kedua unsur pembuluh adara ini dapat mengurrangi kemungkinan sejumlah kondisi kardiovaskular, termasuk serangan jantung dan stroke.

Sangat ampuh mengatasi diare

Beberapa komponen minyak ekstensial yang ditemukan didalam daun ketumabar seperti borneol dan linalool. Komponen ini berfungsi untuk membantu pencernaan, meningkatkan fungsi hati dan lambung. Selain iti kedua zat ini juga efektif mengurangi diare. Hal ini juga membantu dalam memnyebuhkan diare yang disebabkan oleh jamur maupun mikroba Karena komponen seperti cineole, borneol, limonene, alpha-pinene & beta-phelandrene memiliki sifat antibakter.

Daun ketumbar juga bisa digunakan untuk mencegah mual, muntah, dan gangguan perut lainya. Kekayaan senyawa bioaktif memiliki makna bahwa ada banyak kandungan kesehatan yang dapat dimanfaatkan dari daun ketumbar.

Menurunkan kolesterol

Kesehatan -  Terdapat banyak zat asam yang terdapat pada daun ketumbar diantaranya adalah asam linoleate, asam oleat, asam palmitate, asam stearate, dan asam askorbat (vitamin c). kandunga zat-zat ini sangat efektifa dalam penurun kolesterol dalam darah. Mereka juga mengurangi tingkat kolesterol  jahat (LDL) sepanjang dinding bagian dalam arteri dan vena, yang dapat menyebabkan masalah serius kardiovaskular seperti arthelosclerosis, serangan jantung, dan stroke. Dan juga, ketumbar membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL), yang bekerja sebagai garis pertahanan, pencegahan, terhadap sejumlah kondisikardiovaskular yang berbahaya.

Mencegah dan membantu mengobati anemia

Kesehatan -  Ketumbar memiliki kandungan zat besi yang sangat tinggi. Padahal kita tahu bahwa zat besi dapat membantu orang yang terkena penyakit anemia. Kandungan zat besi yang rendah dalam darah akan menyebabkan jantung berdebar-debar, sesak nafas, dan mudah lelah.  Maka dari itu zat besi sangat dibutuhkan oleh penderita anemia.

Menjaga kesehatan tulang

Daun ketumbar mengandung kalsium dan zat besi. Zat ini sendiri sangat diperlukan untuk kesehatan tulang, pertumbuhan dan mencegah kelainan pada tulang.


EmoticonEmoticon