Wednesday, October 19, 2016

Mengenal Jati diri seorang Muslim

Dunia Islam - Mengenal jati diri seorang muslim dari siti khodijah. Para wanita muslimah, hendaknya mengambil contoh dan teladan dari tokoh-tokoh dunia yang mendahului mereka khususnya yang tidak di sanksikan lagi kesolehanya. Dan telah diberi kabar gembira oleh Allah Swt. dengan surga. Mempelajari perjalanan hidup mereka sangatlah penting karena kita dapat menata hidup yang lebih tertata dan sempurna untuk mendapatkan kebahagiaan didunia dan di akhirat. 
berita islam, ciri-ciri iman, islam, jati diri seorang muslim, sejarah islam, siraman rohani, siti khodijah, sjarah, dunia islam,
Mengenal Jati diri seorang Muslim

Para sahabat yang beriman, salah satu wanita yang patut dijadikan sri tauladan bagi wanita muslimah sekarang adalah siti khodijah, istri Rasulullah SAW. Khodijah merupakan wanita pertama yang memeluk islam dan salah satu wanita terkemuka didunia ini. Rasulullah SAW, bersabda :

"Para  wanita penghuni surga setelah maryam adalah : fatimah, khodijah ,dan istri firáun." (HR. Ahmad)

Khodijah merupakan wanita pertama yang mendapatkan salam dari Allah SWT. melalui malaikat jibril. Rasulullah SAW. bersabda : 

"Wahai khodijah, ini malaikat jibril telah datang dan menyuruhku untuk menyampaikan salam dari Allah kepada-Mu dan memberikan kabar gembira kepadamu dengan rumah yang terbuat dari kayu, tidak ada keributan dan rasa cape didalamnya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Setelah kita mengetahui bahwa khotijah merupakan wanita ahli surga dari dua hadits tersebut. Sebagai wanita muslim harus mencari sebab mengapa siti khodijah menjadi ahli surga.

Dunia Islam - Mengapa Khodijah menjadi ahli surga telah di ungkap sendiri oleh Rasulullah Saw. dalam suatu haditsnya. Tepanya pada ketika suatu hari Aisyah merasa cemburu dengan khodijah, walaupun sudah lama meninggal tetapi Rasulullah selalu mengingat-ingat kebaikanya. Ketika itu, Aisyah berkata kepada Rasulullah Saw. :

"Wahai Rasulullah, Bukankah Allah SWT telah menggantikan istri yang lebih muda dan lebih baik darinya"

Mendengar pernyataan tersebut, Rasulullah SAW menjadi murka seraya bersabda :

"Allah tidak menggantikannya dengan seorang wanitapun yang lebih baik darinya. Ia telah beriman kepadaku tatkala orang-orang kafir kepadaku, ia telah membenarkan aku tatkala orang-orang mendustakan aku, ia telah membantuku dengan hartanya tatkala orang-orang menahan hartanya tidak membantuku, dan Allah telah menganugerahkan darinya anak-anak tatkala Allah tidak menganugerahkan kepadaku anak-anak dari wanita-wanita yang lain" (HR Ahmad no 24864 dan dishahihkan oleh para pentahqiq Musnad Ahmad)

Dari hadits tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa, Rasulullah SAW telah menerangkan 3 jatidiri muslim sejati yang terdapat dalam sosok khodijah dan menyebabkan khodijah masuk surga. Lalu apa saja ketiga hal tersebut? diantaranya adalah:

Mempunyai Keimanan Yang tangguh

Sahabat yang beriman, memiliki keimanan yang tangguh memiliki beberapa ciri diantaranya:

  1. Keimanan tersebut tumbuh atas dasar kesadaran dan ilmu bukan karena ikut-ikutan atau takut dikucilkan.
  2. Mendukung orang-orang yang membawa kebenaran kepada siapa saja tanpa pandang bulu.
  3. Meyakini bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan orang yang selalu menyebarkan kebenaran dan berbuat baik kepada orang lain.

Menginfakkan Hartanya untuk sebuah Perjuangan


Sebab kedua yang menyebabkan siti khodjah masuk ke surga adalah keikhlasanya. Didalam menginfakkan hartanya dijalan Allah demi tegak dan tersebarnya islam. Banyak contoh serupa dengan pernyataan tersebut bahwa infak dijalan Allah adalah salah satu cara untuk mengatarkanya masuk kedalam surga. Ini juga terlihat pada diri Usman bin affan yang menginfakkan sebagian besar hartanya untuk biaya perang fi sabilillah. Allah SWT berfirman yang artinya :

Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu hanyalah orang-orang yang percaya (beriman) kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian mereka tidak ragu-ragu dan mereka berjuang (berjihad) dengan harta dan jiwa mereka pada jalan Allah. Mereka itulah orang-orang yang benar." (QS. Al-Hujurat:15)


Membuat Ridha Suami

Sebab terakhir dalam hal in khodijah mampu memberikan hak, perhatian, kecintaan, dan keturunan bagi suaminya. Dalam riwayat lain disebutkan bahwa khodijah tidak pernah bersuara diatas suara suamanya. Yang jelas khodijah mengetahui kadar keagungan suaminya dan memberi yang terbaik untuk keagungannya.

Dunia Islam - Sahabat yang beriman, itulah jatidiri muslim sejati yang semuanya terdapat pada sososk siti khodijah. semua ini bisa menjadi cermin bagi kalian semua. Bukan hanya wanita, tapi untuk semua kalangan dari yang muda hingga yang tua pria maupun wanita. Sekian artikel mengenai Mengenal jati diri seorang muslim. Semoga dapat bermanfaat, sekian dan terimakasih.



EmoticonEmoticon